Senin, 17 Oktober 2011

Rencana Belajar

Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam membuat sebuah rencana kerja yang tepat dan terarah:
1. Konsentrasi
Carilah sebuah tempat yang hanya digunakan untuk belajar untuk memungkinkan kita menciptakan suasana dan lingkungan yang dilengkapi dengan banyak alat belajar dan gangguan, seperti:
- Telepon/handphone
- Game
- Televisi
- Junk food
- Orang yang berbicara di luar topik belajar kita
dan sediakan:
- Lampu yang cukup terang
- Ventilasi yang baik
- Kursi yang nyaman tetapi tidak membuat anda malas
- Ruang yang cukup untuk meletakkan buku atau catatan anda
- Air putih atau jus buah

2. Menciptakan Kondisi Belajar
a. Menciptakan suasana rileks dalam belajar agar kita bisa lebih berkonsentrasi
b. Bagilah waktu sebaik mungkin, jangan menggunakan waktu belajar bersamaan dengan kegiatan lain yang sedang menyibukkan anda
c. Berhentilah belajar ketika sedang lelah, dengan menggunakan waktu sejenak untuk rekreasi.
d. Selalu siap dengan kertas kosong yang bisa digunakan untuk coretan untuk mencatat kata penting hal-hal yang baru dipelajari.

3. Mengatur Waktu Belajar
a. Menetapkan target sekonkret mungkin belajar kita. Hasil belajar apa yang ingin saya capai?
b. Menetapkan waktu belajar berdasarkan materi yang perlu dipelajari. Usahakan untuk mempelajari materi yang lebih susah atau membutuhkan waktu yang lama terlebih dahulu.
c. Memanfaatkan sisa waktu untuk belajar. Sebaiknya selalu membawa sarana belajar (catatan, buku, peta, kartu kata, dll)
d. Jangan menunda belajar, lakukanlah sekarang juga. Karena dengan menunda, maka kita akan kehilangan banyak waktu dan banyak tugas menumpuk sehingga membuat kita lelah, stres, kurang percaya diri, waktu terbuang,dsb.
e. Buatlah kalimat yang bisa memberi motivasi bagi anda
Bila ternyata ada begitu banyak tugas yang harus diselesaikan, cobalah dengan mengelompokkanya pada bagian per bagian, lalu bisa diselesaikan sedikit demi sedikit.
Buatlah belajar anda menjadi belajar yang terorganisir. Siapkan materi, buku, dan catatan untuk tugas tersebut. Singkirkanlah segala hal yang menggangu konsentrasi anda untuk belajar atau mengerjakan tugas.
Setelah itu buatlah komitmen. Pastikan bahwa anda akan mengerjakan semuanya, dan mintalah orang lain yang dipercaya untuk menegur bila anda mulai tidak konsisten dengan komitmen anda.
Setelah semuanya selesai, pujilah diri anda sendiri, berilah penghargaan terhadap diri anda, beri hadiah dengan kegiatan yang menyenangkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Bagaimana komentar kamu setelah membaca post kami? Apakah kamu setuju dengan informasi-informasi dari kami? Mohon argumentnya dan sarannya.. :)